Lemper,Bukan sekedar Beras ketan Yang dibungkus Daun Pisang ? Simak sejarah lemper yuk!

  • Whatsapp
lemper resep hernis
lemper resep hernis

Hai, pembaca dan subscriber setia resephernis.com Apa kabar kalian? semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan berkelimpahan keberkahan ya,Aamiin.

Follow  instagram saya  http://bit.ly/hernisninis dan kalian bisa bertanya atau berkomentar apapun asal sopan. Insya Allah saya balas.

Read More

Lemper dikenal secara umum sebagai kuliner jajajan tradisional khas Jawa. Ditengah maraknya gempuran jajanan dari luar negeri seperti Burger,Pizza,Corndog serta masih banyak lagi yang lain. Lemper tetap punya penggemar tersendiri.

credit : https://kitchenplan.xyz/

Umumnya Lemper memilki rasa yaitu gurih dengan berbagai tambahan rasa asin ,pedas tergantung selera penikmatnya. Jajanan tradisional ini seringkali kita temui di dalam acara resmi samppai acara adat,seperti selametan atau bahkan hanya sekedar untuk arisan RT.

BUKAN SEKEDAR KETAN YANG DIBUNGKUS DAUN

Bahan utama lemper adalah beras ketan. Dahulu kala ada makna filosofis dibalik terciptanya panganan ini. Ada makna filosofi persahabatan didalamnya.

Dulu, lemper merupakan makanan yang memiliki filosofi nilai persahabatan. Filosofi seperti itu ada dalam lengket, melambangkan persahabatan yang erat dan diharapkan tetap seperti lengket dan erat

credit : https://kitchenplan.xyz/

Lemper ternyata memiliki arti mengajarkan pentingnya sikap kerendahhatian. Kata lemper merupakan singkatan dari bahasa Jawa, “Yen dielem atimu ojo memper”. Artinya, “Saat kamu dipuji orang lain, jangan sombong atau membanggakan diri”.

Bukan hanya mengajarkan sikap kerendahatian saja. Makanan yang terbuat dari beras ketan ini, hadir dengan tekstur lengket. Apakah ini hanya merupakan lekatan dari beras ketan saja. Nyatanya bukan.

Orang dahulu memberi ajaran yang mulia lewat lengketnya lemper yang dimaknai sebagai cerminan dari rasa persaudaraan antarasesama manusia. Tak hanya itu, ada petuah mulia yang tersirat lagi didalamnya.

credit : AnekaResep.my.id

Bahan utama berupa beras ketan, dipilih tentu saja tidak asal.karena memeilki makna tersendiri. Ketan bisa juga memiliki kepanjangan  nama menjadi “Ngraketaken paseduluran”, yang berarti merekatkan persaudaraan.

Pada variasi pembuatan lemper ini, sekarang yang utama yang dikomersialkan adalah setelah lemper matang dan diisi dengan ayam cincang, ukuran besar kemudian ukuran yang sama kemudian digulung dengan bungkus plastik silang ganda, kemudian diisolasi dengan isolasi transparan tanpa bukaan. melalui proses melihat – makan dan penjualan, dengan cara ini anda dapat menghemat waktu dan biaya.

credit : https://www.youtube.com/c/RESEPHERNIS

Bahkan resep hernis mempunyai cara untuk membuat lemper dengan praktis dan mudah.Uniknya proses pembuata lemper ala resep hernis  tidak membutuhkan kompor! Lah pakai apa dong? Makanya simak saya videonya ya…

Untuk Langkah-langkahnya bisa disimak di channel youtube resep hernis ya. Selamat mencoba

https://www.youtube.com/watch?v=NxkVgosUwAw

Resep Lemper Tanpa masak dengan kompor atau tungku

Beras ketan : 500 gr

air : 450 ml

santan kelapa instan : 1 sachet ukuran 65 ml

garam : 1 sdt

daun salam : 1 lembar

abon ayam / sapi : 75 gr atau sesuai selera

pelengkap daun pisang : secukupnya untuk membungkus

hasil 25 lemper abon ayam

Jangan lupa Like, Share, Comment dan SUBSCRIBE ya karena ada video menarik disetiap minggunya.

Follow instagram saya http://bit.ly/hernisninis

Dan website https://resephernis.com/

Untuk kerjasama dan endorse hub :  085704182614 (chat whatsapp only)

Untuk tanya jawab silahkan bertanya di kolom komentar youtube

Untuk hasil recook bisa di kirim ke DM instagram

Terima kasih

Selamat mencoba, semoga Bermanfaat

#reseplemper #lemperayam #carabuatlemper

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *