Ada Yang tahu bedanya Gulai,Gule dan Opor ?

  • Whatsapp
opor resep hernis
opor resep hernis

Hai, pembaca dan subscriber setia resephernis.com semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan berkelimpahan keberkahan ya,Aamiin.

Salah satu Masakan Indonesia yang punya banyak penggemar berat  selain masakan pedas adalah makanan menggunakan santan dalam kuahnya. Jenis masakan bersantan hampir pasti ditemukan di Rumah Makan Padang. Tak usah heran karena masakan padan memang identic akan masakan yang banyak kuah kental dan menghadirkan masakan yang sarat dan kaya aroma bumbu serta rempah-rempah.

Read More

Masakan  Indonesia yang popular  memakai santan antara lain opor,gulai,dan  gule. Ketiga makanan ini merupakan masakan bersantan yang paling umum dan ngetop . Selain itu, ketiga jenis makanan ini juga memakai bumbu dasar yang sama seperti bawang putih ,bawang merah, ,jahe,dan lengkuas, serta serai.

OPOR BY RESEP HERNIS

Acapkali karena punya tampilan yang rada mirip,banyak dari kita yang mencoba memasak opor malah jadi gule, mau masak gulai malah jadi gule. Kan jadi ribet kan ya..

Kalau opor tentu saja dari Namanya sih pasti beda, tapi gule dan gulai kadang disebutkan juga sama .Padahal dari rasa tekstur beda banget. Yuk mari yuk kita kupas perbedaanya

 Segi Asal Usul

Dilihat dari asal usulnya, mudah disebut gule dan gulai sudah jelas berbeda. Gule merupakan masakan khas Jawa, tepatnya Jawa Timur dan Tengah. Perbedaan dengan gulai, gule ini kebanyakan menggunakan bahan utama daging kambing. Meski ada daerah yang memakai daging sapi. Gulai merupakan masakan khas Sumatera. Jadi  gak heran ya di sumatera banyak banget jenis gulai.Jenis gulai khas Sumatera, mulai dari gulai ayam, gulai daging, gulai kakap, gulai kikil, dan masih banyak lainnya. Sedangkan Opor Opor juga tidak terbatas pada satu jenis saja, bisa menggunakan daging ayam, bebek, ayam, tahu, atau tempe. yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

OPOR CREDIT: @RAHMI

Segi Pemakaian Bumbu

Untuk pemakaian bumbu dari ketiganya berbeda. Gule bumbunya adalah bawang merah, bawang putih, kunyit, kapulaga, jahe, cabai, kayu manis dan garam.Sedangkan Bumbu yang digunakan untuk gulai adalah bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, lengkuas, jahe, adas, jintan, garam, dan cabai.. Sebenarnya dari bumbu-bumbu ini bisa terlihat kalau aroma rempah pada gule lebih menyengat karena ada kayu manis dan kapulaga yang aromanya sendiri cukup tajam. Tapi bukan berarti aroma rempah gulai tidak kuat. Aroma rempah gulai kuat, tapi tidak sekuat gule.Sementara  opor punya kuah yang tidak terlalu kental. Warnanya kuning dan putih. Bumbu yang digunakan cukup banyak, seperti ketumbar, kemiri, jinten, lada, daun salam, gula, kunyit, dan kayu manis.

Segi Tampilan dan Tekstur

GULAI : CREDIT SONY DSC MERAHPUTIH.COM

Sebenarnya bagi pecinta kuliner, cara membedakan gulai dengan gule ini sangatlah mudah jika melihat dari segi tampilan dan teksturnya. Gulai memiliki beberapa warna, antara kemerahan dan kuning kemerahan, tergantung dari penggunaan cabainya. Sedangkan untuk gule memiliki warna yang cenderung agak kemerahan. Tekstur dari gulai dan gule ini juga berbeda lho. Gulai punya tekstur yang cukup kental karena pada dasarnya gulai adalah tahapan proses sebelum menjadi kalio dan rendang. Hal ini dikarenakan gulai dibuat dari santan yang kental. Berbeda dengan gule yang teksturnya lebih encer karena tidak dimasak sampai mengental.

GULE CREDIT : MASMUVIN.WORDPRESS.COM

Dari Segi Citarasa

Gule Kuahnya lebih encer, tapi aromanya cenderung lebih harum. Rasanya tidak sepedas gulai, karena ada sedikit tambahan gula.Sedangkan opor punya kuah yang tidak terlalu kental. Warnanya kuning dan putih.

Cara Penyajian

Cara penyajian keduanya juga berbeda. Untuk gulai, biasanya hanya disajikan bersama dengan nasi putih serta sambal ijo atau sambal merah khas Sumatera. Sedangkan untuk gule cara penyajikannya terbilang cukup repot karena menggunakan tambahan sambal kecap rawit, kerupuk, dan jeruk nipis. Penggunaan jeruk nipis ditujukan untuk menghilangkan aroma yang prengus daging kambing sehingga cita rasa gule jadi lebih segar. Sementara itu opor akan lebih lengkap apabila disajikan dengan Lontong / ketupat, sambal goreng, kerupuk udang / emping, acar.

Diolah dari berbagai sumber

Nah ..harusnya gak bingung lagi kan tentang bedanya gule,gulai dan opor.

Berhubung resep hernis baru rilisnya resep opor ,kita buat aja yuk yang praktis ga pakai ribet

Resep opor ayam praktis ala resep Hernis

OPOR AYAM PRAKTIS ALA RESEP HERNIS

Bumbu halus

Bawang putih :7 siung

Bawang merah :9 siung

Kemiri :3 buah

 Kunyit :1 ruas jari

Jahe :1 ruas jari

Jinten :1/2 sdt

Ketumbar : 1 sdt

semua bumbu diatas haluskan

Serai :1 batang (geprek)

Lengkuas / laos : 1,5 ruas jari(geprek)

Daun salam : 1 lembar

Daun jeruk :3 lembar

Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Santan kelapa : 1/2 butir dijadikan 250 ml / 1 gelas belimbing

Ayam kampung :500 gr atau 1/2kg

Air : 1 ltr ( 4 gelas belimbing)

Garam :1/2 sdm (sesuai selera)

Gula pasir : 1 sdm ( sesuai selera)

Penyedap rasa jika suka

Nah untuk cara membuatnya praktis banget gaes,silahkan temen-temen tonton sampai selesai jangan di skip-skip..

Semoga video ini bermanfaat.

Jangan lupa Like, Share, Comment dan SUBSCRIBE ya karena ada video menarik disetiap minggunya.

Semoga Bermanfaat

Main-main dan follow  instagram saya ya http://bit.ly/hernisninis

Dan website https://resephernis.com/

Untuk kerjasama dan endorse hub :  085704182614 (chat whatsapp only)

Untuk tanya jawab silahkan bertanya di kolom komentar youtube

Untuk hasil recook bisa di kirim ke DM instagram

Terima kasih

Enjoyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

#Oporayam

#resepoporayamlebaran

#resepopor

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *